Penanaman Pola Hidup Sehat Anti Madat
June 27, 2016
Rayakan Hani Dengan Kampanye Stop Narkoba
June 28, 2016
Show all

Calon Relawan Anti Narkoba Jalani Tes Urine

Bone Bolango/ Gorontalo — BNNK Bone Bolango menggelar tes urine yang diikuti 31 orang calon relawan anti narkoba di SMPN 1 Tapa, Kamis (02/06) pagi.  Seluruh calon relawan merupakan siswa kelas VI dan VII di sekolah tersebut.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNNK Bone Bolango, Ijam Djano, S.Pd., menjelaskan dua target utama dari pelaksanaan tes urine. Pertama, deteksi dini penyalahgunaan narkoba, baik di lingkungan sekolah maupun di Kecamatan Tapa.

“Kedua, sebagai seleksi awal calon relawan yang rencananya akan dibentuk di semua sekolah yang ada di Kabupaten Bone Bolango,” terang Ijam.

Menurut data Seksi P2M BNNK Bone Bolango yang didukung Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Bone Bolango, sebanyak 32 SLTP dan 12 SLTA tersebar di seluruh kecamatan di wilayah Bone Bolango. “Pembentukan relawan di lingkungan sekolah akan dikerjakan bertahap,” ujar Ijam.

Menanggapi hasil tes urine yang baru saja diselenggarakan di SMPN 1 Tapa, Ijam mengatakan akan mengkomunikasikan segala temuan kepada pihak sekolah. “Temuan dalam tes urine sifatnya rahasia,” ujarnya.

Di sela-sela kegiatan tersebut Ijam kembali mengingatkan kepada siswa untuk selalu menjaga diri dan lingkungannya dari ancaman narkoba. Ijam juga menyinggung soal penyalahgunaan obat batuk yang dicampur dengan minuman berenergi dan juga konsumsi jamur dari kotoran sapi yang cukup marak di Kabupaten Bone Bolango.

“Mungkin kelihatannya sepele, tapi itu nantinya bisa mengancam kesehatan dan masa depan kalian sendiri. Narkoba bisa muncul dalam bermacam-macam bentuk. Sayangi diri dan orangtua dengan cara mengejar prestasi dan menjauhi narkoba,” ujar Ijam di hadapan para siswa.

Kepala SMPN 1 Tapa, Rutje Yanti Pambi, S.Pd., menyambut baik tes urine ini. Menurut Rutje kegiatan ini sangat membantu dirinya dan jajarannya dalam memantau para anak didik.#StopNarkoba