Penggiat Anti Narkoba Kabupaten Kuningan Disiapkan
Cegah Narkoba Dengan Sadar Hukum
Show all

Perumusan Buku Pedoman P4GN Berbasis Religi Dengan Tokoh Agama Kediri

BNN Kota Kediri selalu melakukan inovasi baru dalam rangka upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Setelah sukses mengintegrasikan nilai-nilai P4GN ke dalam Kurikulum Pendidikan Tingkat SMP dan SMA se Kota Kediri, kini BNN Kota Kediri bekerjasama dengan FKUB menggandeng para Tokoh Agama untuk turut bersinergi bersama dalam upaya P4GN.

Kamis/25 Mei 2016 BNN Kota Kediri menggelar Workshop bersama para tokoh Agama se Kota Kediri sebagai salah satu upaya Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba di Kota Kediri. Acara yang bertajuk Workshop Perumusan Buku Pedoman P4GN Berbasis Religi bersama para Tokoh Agama se Kota Kediri tersebut dilaksanakan di Meeting Room VIP Lotus Garden Kediri. Dalam kesempatan tersebut, hadir sebagai narasumber KH. Abu Bakar Abdul Djalil (Gus Ab) dan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Kediri Drs. H. Ma’aruf Anas, MM.

Kepala BNN Kota Kediri, AKBP Lilik Dewi Indarwati, AMK, SH,MM menyampaikan urgensi BNN untuk menggandeng para Tokoh Agama sebagai adalah salah satu langkah preventif untuk membentengi masyarakat dari bahaya penyalahgunaan Narkoba melalui pendekatan agama. Menurutnya, pendidikan agama mempunyai peranan yang signifikan dalam membentuk karakter seseorang.

Menanggapi hal tersebut,  Gus Ab selaku narasumber dia menegaskan bahwa benteng utama untuk mencegah penyalahgunaan Narkoba adalah melalui pendidikan agama sejak dini. Untuk itu, dia meghimbau para tokoh agama yang hadir dalam acara tersebut agar dapat mengintegrasikan nilai-nilai P4GN dalam kegiatan keagamaan masing-masing. Selaras dengan hal tersebut, Ketua FKUB Kota Kediri Drs. H. Ma’aruf Anas, MM juga menghimbau agar masing-masing Tokoh Agama dapat bersinergi bersama untuk mewujudkan upaya P4GN. Sebab, menurutnya dampak dari bahaya Narkoba mengancam masa depan bangsa Indonesia.

Acara yang diikuti oleh para Tokoh Agama yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Paguyuban Antar Umat Beragama (PAUB)-Penghayat Kepercayaan (PK), serta dipimpin oleh ORMAS tersebut berjalan lancar. Diakhir acara, sebagai tindak lanjut dari acara ini, para Tokoh Agama sepakat membentuk Tim Khusus pada masing-masing kelompok untuk membuat pedoman P4GN berbasis religi untuk disinergikan ke dalam kegiatan keagamaan dan penghayat kepercayaan dilingkungan masing-masing.