Wujudkan Masyarakat Melek Hukum Tolak Narkoba
Operasi Kamtibmas Jelang Ramadan di Bone Bolango
Show all

Dua Lembaga Rehabilitasi Pecandu Narkoba Lulus Verifikasi

Dua lembaga tersebut masing-masing “Klinik Tilong Kabila” untuk rehabilitasi medis, dan LSM “Huyula Support” untuk menjalankan rehabilitasi sosial. Keputusan ini diambil pada rapat verifikasi yang digelar Seksi Rehabilitasi BNNK Bone Bolango, Rabu (28/06).

Dua lembaga tersebut diprioritaskan akan mendapatkan biaya operasional dalam penanganan rawat jalan pecandu yang meliputi biaya pemeriksaan kesehatan, assesment, konseling, group therapy, tes urin zat, transport rujukan dan alat tulis kantor.

“Dinilai dari kelengkapan administratif dan fasilitas, kedua lembaga ini layak mendapatkan rekomendasi untuk menjadi pusat layanan rawat jalan bagi pecandu yang hendak berobat,” ujar Kasie Rehabilitasi BNNK Bone Bolango, Muh. Arsyad, SKM, seusai memimpin rapat verifikasi.

Dalam rapat itu juga terungkap beberapa kendala utama yang dihadapi sejumlah sarana rehabilitasi di Bone Bolango adalah kurangnya jumlah SDM yang memiliki kualifikasi dalam bidang assesment dan konseling pecandu.

“Rata-rata tenaga medis di klinik-klinik yang ada di Bone Bolango telah terlatih melakukan perawatan terhadap pasien, tapi belum mendapatkan pengetahuan yang memadai soal pelayanan residen (pecandu narkoba yang sedang berobat),” terang Arsyad.

Menurutnya kendala ini bisadiatasi dengan cara mengikutkan para para tenaga medis itu pada pelatihan-pelatihan calon assesor dan calon konselor. “Kami dari BNNK akan memfasilitasi hal ini, agar para tenaga medis di Bone Bolango dapat memiliki pengetahuan dan skill dalam menangani residen,” ujar Arsyad.

Arsyad mengharapkan, lembaga-lembaga yang belum mendapatkan rekomendasi agar tetap bekerja sama dalam melayani pecandu, penyalahguna atau korban penyalahgunaan narkoba. “Kerja sama dalam bentuk rujukan horisontal apabila dua lembaga yang sedang kami tunjuk tersebut sedang overload atau lokasinya jauh dari tempat tinggal residen,” imbuhnya.

Sebelumnya BNNK telah melakukan pemetaan di empat sarana rehabilitasi yang ada di sekitar Kecamatan Kabila dan Kecamatan Tapa. Direncanakan setelah libur lebaran Tim Pemetaan BNNK Bone Bolango akan memetakan lembaga rehabilitasi yang berada di Kecamatan Bone, Kabila Bone, Bone Pantai, Bone Raya dan Bulawa, #Stopnarkoba